5 Tanda Ban Mobil Perlu Segera Diganti, Jangan Tunda Lagi

Ban merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peranan vital, yaitu sebagai penggerak, penentu keamanan, dan kenyamanan berkendara. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka sudah selayaknya kita selalu memastikan bahwa ban yang kita pakai berkendara masih layak digunakan.

Lantas kira-kira apa saja ciri-ciri ban mobil yang sudah tidak layak pakai dan perlu segera diganti? Berikut ulasannya.

29 Apr 2014 — Woman Changing Flat Tyre On Car — Image by © Ian Lishman/Juice Images/Corbis
  1. Usia ban sudah mencapai 3 tahun

Idealnya, usia ban mobil yang layak pakai adalah 3 tahun. Lebih dari itu, karet ban akan kehilangan kelenturan hingga menjadi keras. Dampaknya, pengendara akan menjadi kurang nyaman selama berkendara lantaran ban yang sudah tidak elastis dan mengeras. Untuk itu, segera ganti ban mobil jika usia ban sudah mencapai 3 tahun.

  1. Jarak tempuh ban sudah mencapai 40 ribu kilometer

Kendati masa pakai ban belum mencapai 3 tahun, tapi jika mobil sering dipakai bepergian jarak jauh sehingga sebelum 3 tahun jarak tempuh mobil sudah mencapai lebih dari 40 ribu kilo meter, ban mobil perlu segera diganti. Sebab umumnya jika ban mobil sudah dipakai berkendara untuk menempuh perjalanan sejauh 40 ribu kilometer atau lebih, maka ban akan mengalami keausan sehingga perlu harus diganti secepatnya.

  1. Terdapat benjolan di permukaan ban

Adanya benjolan pada ban bisa jadi indikasi bahwa susunan benang atau kawat ban ada yang terputus. Jika ban mobil terdapat benjolan, berarti ketahanan ban sudah berkurang dan menjadi rawan pecah lantaran sejumlah titik tidak lagi sanggup menahan tekanan udara.

Adanya benjolan di permukaan ban bisa dipicu karena beberapa hal, seperti tekanan angin yang tidak sesuai standar sehingga distribusi berat beban tidak sama pada seluruh bagian ban.

  1. Permukaan ban sudah banyak retakan

Keretakan pada permukaan ban dapat disebabkan karena ban terlalu sering melewati jalanan yang panas dalam kurun waktu cukup lama. Alhasil ban jadi lebih rapuh dan mudah rusak. Jadi, kalau ban mobilmu sudah mulai retak-retak, segera ganti dengan yang baru, ya.

  1. Ketebalan ban sudah mencapai TWI

Tread Wear Indicator merupakan penanda yang bisa dijadikan patokan batas keausan ban. TWI ini memiliki bentuk segitiga yang terdapat di bagian pinggir dan tengah ban. Salah satu indikasi yang menandakan bahwa ban sudah aus dan tidak layak pakai adalah permukaan TWI sama dengan permukaan keseluruhan ban.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja ciri-ciri ban mobil yang sudah tidak layak pakai. Yuk, periksa ban mobilmu dan segera ganti jika ternyata kondisinya sudah tidak layak pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *