Bikin Perjalanan Gak Nyaman, Ini 5 Penyebab AC Mobil Gak Dingin!

Melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil sendiri memang terasa bangga juga nyaman. Yang mana panas gak bakal kehujanan begitupun sebaliknya, hujan gak bakal kepanasan, iya gak?

Namun semua berubah jadi gak enak banget kalau AC alias pendingin udara di mobil gak bekerja dengan semestinya. Alih-alih mendinginkan di cuaca yang sudah terik, si AC malah berubah jadi heater buat seisi mobil. Lalu kenapa sih penyebab AC mobil malah gak dingin? Usut punya usut, ini dia yang jadi biang keladi AC mobil kamu gak dingin, keep scrolling ya!

  1. Selang atau pipa AC bocor

Selang AC mobil sendiri terbuat dari karet khusus tahan panas dan juga fleksibel dan biar gampang buat memasuki selal-sela ruang di mobil. Selang atau pipa AC mobil bocor bisa jadi karena faktor usia ataupun kualitas selang yang memang kurang bagus. Lantas, selang bocor mengakibatkan tekanan freon akan berkurang dan menyebabkan ac gak dingin.

  1. Blower yang ada di dasboard mati

Blower atau bisa dibilang kipas yang mati juga jadi penyebab AC mobil gak dingin-dingin amat. Itu karena dingin yang sudah berada di evaporator gak bisa hembuskan oleh blower tersebut.

  1. Tekanan freon berkurang

Freon sendiri benda cair yang berfungsi sebagai pendingin yang di pompa oleh kompresor. Tekanan Freon yang berkurang juga bisa menjadi masalah karena dingin yang dihasilkan gak bakal bisa maksimal. Bahkan, jika tekanan freon yang kurang terus dibiarkan, bisa juga membuat rusak atau jebol kompresor, lho.

  1. Kipas di kondensor mati

Satu lagi biang keladi yang sering gak disadari. Kipas yang satu ini bekerja untuk membantu pelepasan panas yang ada di kondensor yang mana jika kipas ini mati. Proses yang harusnya dapat membuang panas, malah gak bisa maksimal dan panas berlebih pun ikut kembali dalam sirkulasi pendinginan dan masuk ke evaporator yang harus freon sudah dalam bersuhu dingin. Namun tetap membawa sedikit panas. Alhasil udara dingin yang kamu rasakan gak sesejuk saat AC mobil normal.

Atau bisa juga karena kondensor itu sendiri yang kondisinya sudah kropos, sehingga menjadi penyebab gas freon jadi bocor. Alhasil, tekanan freon berkurang bahkan habis yang mana aca jadi gak dingin.

  1. Kompresor rusak

Kompresor gak bekerja dengan semestinya yang bikin repot. Misal kayak kompresor yang mati guys. Seperti halnya jantung yang memompa darah ke suluruh tubuh. Fungsi kompresor pun mirip juga seperti itu, gak ada sirkulasi dari freon, maka proses pendinginan gak dapat berjalan. Lantas kamu bakal mendapati hanya angin saja yang terasa gak ada dinginnya sama sekali.

Itu dia beberapa bagian yang jadi penyebab AC mobil gak dingin, segera periksa biar mobil kembali nyaman dikendarai yuk. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *