Wajib Tahu, 3 Teknik Mengemudi Mobil Manual di Jalan Turunan

Saat berkendara di jalur pegunungan, tidak jarang kita akan dihadapkan dengan kondisi jalanan yang menurun panjang dan curam. Kondisi tersebut, menuntut setiap pengemudi untuk lebih berhati-hati dan memahami teknik mengemudi yang tepat.

Bila salah teknik mengemudinya, bukan tidak mungkin akan membahayakan dan membuat beberapa komponen pada rem menjadi lebih cepat rusak. Oleh karena itu, bagi Anda yang terbiasa mengemudi mobil bertransmisi manual, disarankan untuk memahami teknik mengemudi yang tepat saat melaju di jalan menurun panjang dan curam.

Instructor Indonesian Road Safety Agent (IRSA), Andry Berlianto, mengatakan ada 3 hal yang harus dipahami dan dikuasai oleh pengemudi mobil manual saat melaju di jalan menurun panjang dan curam.

  1. Lakukan engine brake

Hal pertama yang harus dilakukan dan dipahami oleh pengemudi mobil manual saat melaju di jalan menurun, ialah penggunaan engine brake. Pengemudi dituntut untuk memahami teknik mengemudi dengan engine brake, agar meringankan kerja rem dalam memperlambat laju mobil. Dalam melakukan engine brake, setiap pengemudi disarankan menurunkan gigi transmisi yang lebih rendah secara bertahap.

“Turunkan gigi transmisi ke yang lebih rendah, gigi 1 atau 2 tergantung kecuraman turunan tersebut, lakukan perpindahannya secara perlahan,” jelas Andry kepada kumparan beberapa waktu lalu.

  1. Injak pedal rem secara perlahan

Meski telah menggunakan engine brake, pengemudi diimbau tetap melakukan pengereman dengan rem konvensional. Dalam menginjak pedal remnya, sebaiknya lakukan secara perlahan.

“Dalam situasi normal sih cukup injak pedal rem secara halus dan perlahan saja, tapi pada kondisi darurat yang membutuhkan pengereman ekstra, enggak ada salahnya pedal rem diinjak secara berulang atau dikocok,” ucap Andry

  1. Hindari menginjak pedal kopling

Saat melaju di jalan menurun curam dan panjang, pengemudi diingatkan untuk tidak menginjak pedal kopling secara terus menerus. Dengan menginjak pedal kopling secara terus menerus, dikhawatirkan akan menimbulkan efek ‘free wheel’ yang berakibat pada ban yang terus melaju tanpa bisa dikontrol.

“Saat di jalan menurun, hindari menginjak pedal kopling, karena bisa membuat kinerja rem menjadi terbuang percuma akibat efek free wheel,” terang Andry.

Terakhir Andry mengingatkan, selain dituntut untuk memahami teknik mengemudi mobil manual di jalan turunan, pengemudi juga harus memastikan kondisi rem pada mobilnya masih dalam kondisi layak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *