Koleksi Mainan Action Figure Terpopuler Yang Perlu Anda Tahu

Action figure adalah mainan yang juga dijadikan koleksi. Pecinta mainan action figure tidak datang dari segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Action figure klasik bahkan bisa dihargai sampai jutaan rupiah. Nyatanya, ini tidak menghentikan para kolektor untuk memburunya. Merupakan sebuah prestasi jika sebuah action figure klasik bisa bertengger di lemari kaca para kolektor.

Semakin kesini, komunitas penyuka action figure semakin besar. Internet dan media sosial yang booming juga mendorong tumbuhnya komunitas ini. Bagi orang tua, koleksi mainan action figure ini seolah membuat mereka awet muda. Kolektor mainan jenis ini memang didominasi oleh kaum pria.

Apa Alasan Yang Membuat Seseorang Hobi Mengoleksi Mainan Action Figure?

Action figure banyak dikoleksi karena memang jenisnya yang banyak. Action figure sendiri merupakan karakter kartun atau karakter di film-film superhero atau action dalam bentuk mini. Bisa dibilang juga action figure merupakan miniatur dari karakter-karakter di film. Beberapa dari mainan action figure ini memerlukan perakitan. Rakit-merakit inilah yang membuat bermain action figure semakin menantang.

Bagi pecinta film dan komik superhero, memiliki miniature tokoh-tokohnya merupakan kesenangan tersendiri. Biasanya, ketika sudah menyukai sebuah cerita superhero di film atau komik, seseorang cenderung mengoleksi segala hal yang berhubungan. Termasuk juga mainan action figure ini.

Walaupun bentuknya mainan, tapi tidak hanya anak-anak yang menyukai dan mengoleksinya.

Banyak orang dewasa yang menjadikan mengoleksi action figure sebagai hobi. Untuk orang dewasa, biasanya mereka memiliki koleksi lengkap mulai dari seri-seri lawas superhero sampai yang terbaru. Namun untuk anak-anak, biasanya mereka mengoleksi seri-seri baru.

Untuk orang dewasa, alasan mengoleksi action figure bukan hanya karena suka. Tapi, mengoleksi mainan ini ternyata juga bisa mendatangkan rupiah. Sebuah action figure seri langka bisa dihargai jutaan rupiah. Misalnya, action figure untuk Marvel Legends seri tertentu atau custom biasanya diproduksi dalam jumlah sedikit dan mahal.

Di Indonesia, kolektor kebanyakan memilih koleksi dari Marvel yaitu Marvel Legends dan Marvel Select. Untuk ukuran, koleksi-koleksi dari Marvel Select lebih besar. Ukuran menjadi penting karena biasanya action figure ini akan dimodifikasi. Misalnya, ketika butuh sosok monster, maka membeli koleksi dari Marvel Select tentu lebih sesuai. Untuk tokoh-tokohnya barulah menggunakan koleksi dari Marvel Legends.

Manfaat Mengoleksi Action Figure

Sekilas aktifitas mengoleksi mainan ini tampak seperti aktifitas yang sia-sia dan memerlukan uang banyak. Namun, di balik biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah action figure, tenyata ada manfaat dan keuntungannya. Salah satunya adalah mengurangi stress. Menyusun, memainkan dan membongkar pasang mainan ini ternyata sangat mengasyikkan. Cocok untuk mengurangi ketegangan dan stress setelah kesibukan sehari.

Selain mengurangi stress, mengoleksi mainan action figure juga bisa melatih pemiliknya untuk bertanggung jawab.

Peredaran mainan ini tidak banyak dan harganya cukup mahal. Oleh karena itu perlu perawatan yang benar. Menjadi tanggung jawab pemilik untuk membersihkan, menyusun, menyimpan dan merapikan mainan ini agar penampilannya tetap baik.

Dari segi finansial, koleksi action figure yang dimiliki bisa dibilang sebagai investasi.

Untuk seri-seri lama, harganya bisa selangit di tahun-tahun mendatang. Bisa saja mainan yang ketika dibeli hanya seharga ratusan ribu, ketika dijual menjadi jutaan. Ini karena langkanya ketersediaan di pasaran dan juga model mainan tidak keluar lagi.

Bagi orang dewasa, membeli mainan action figure membutuhkan anggaran tersendiri. Untuk itu, ketika memutuskan mengoleksi mainan ini, maka sisihkan sebagian gaji atau uang jajan untuk bisa membeli mainan ini. Secara tidak langsung, ini melatih seseorang untuk disiplin dalam mencapai target atau tujuan. Hal ini juga berfungsi dalam menghindari hutang.

Mengoleksi mainan action figure juga membuat seseorang awet muda. Ada yang bilang bahwa orang dewasa, terutama laki-laki, di dalam dirinya tetap ada jiwa muda. Hanya tubuh mereka saja yang besar, namun tetap saja mereka hobi dengan mainan. Karena mengoleksi mainan membuat mereka merasa sangat bahagia dan senantiasa berjiwa muda.

Jenis-Jenis Action Figure yang Paling Banyak Diburu

Secara umum, semua action figure memiliki penggemarnya masing-masing. Namun, ada beberapa koleksi dari rumah produksi tertentu yang menjadi favorit. Mau tahu apa saja action figure yang paling banyak diburu? Berikut ini contoh-contohnya:

Joker (The Dark Knight)
Koleksi Mainan Action Figure Terpopuler Yang Perlu Anda Tahu

Heath Ledger akan selalu dikenang sebagai Joker. Penampilan memukaunya dalam film The Dark Knight membuat action figure-nya diburu orang-orang di seluruh dunia. Walaupun Ledger telah tiada, penggemar masih ingin memajang figure-nya sebagai memori. Ukuran action figure The Joker bisa dibilang sangat mirip dengan aslinya dan berukuran 18 inch.

Aksesoris tambahan untuk The Joker juga tidak ketinggalan. Ada senapan mesin, pisau, dan juga pistol. Kostum yang digunakan oleh The Joker di film juga ditampilkan di action figure-nya. Detail-detail di figure inilah yang membuatnya tampak seperti nyata. Tak heran kalau para kolektor memburunya.

Superman VS Muhammad Ali
Koleksi Mainan Action Figure Terpopuler Yang Perlu Anda Tahu

Mainan Action figure dari koleksi DC Comic ini menjadi buruan karena merupakan special edition. DC Comic memproduksi action figure ini sebagai kelanjutan dari komik karya Dennis O’Neil. Dikisahkah, Superman berduel dengan Muhammad Ali demi menyelamatkan bumi dari serangan alien yang jahat. Detail-detail dalam action figure ini sangat sempurna.

Pecinta action figure memburu koleksi seri ini karena kesempurnaan penampilannya. Bahkan, action figure ini diklaim sebagai wujud 3D dari komik saking miripnya. Tampaknya DC juga sengaja menjadikan action figure ini sebagai edisi special karena tahu akan banyak yang memburunya.

Deadpool (Marvel Legends)

Mainan Action figure Deadpool bisa dimodifikasi sampai 30 posisi. Sejak dirilis, action figure Deadpool ini sudah kebanjiran pembeli. Jadi, anggapan bahwa Deadpool adalah salah satu action figure paling laris tidak ada salahnya. Yang membuatnya makin menarik, ada berbagai jenis senjata dari Wade Wilson yang juga ditawarkan oleh action figure ini.

Batman-Hush Series 1
Koleksi Mainan Action Figure Terpopuler Yang Perlu Anda Tahu

Ada banyak jenis action figure dari Batman. Namun, yang paling disukai dan dicari orang adalah yang ini. Alasannya karena menggambarkan ketika Batman dalam Story Arc Hush. Penggambaran ini sangat sempurna dan bahkan tersaji lengkap dengan lengan yang bisa diganti. Selain itu, ada juga pengait yang membuat seri ini semakin keren.

Gundam

Gundam Universe sudah lama menjadi favorit para kolektor action figure. Mainan keluaran Jepang ini tidak perlu dirakit. Hal ini tentu memudahkan penyuka Gundam namun tidak memiliki waktu untuk merakit. Karena, waktu untuk merakit bisa bervariasi, bahkan bisa mencapai hitungan bulan. Ada tiga jenis superhero dalam seri Gundam Universe ini.

Mainan action figure memiliki komunitas yang luas di Indonesia. Hal ini tentu membuka banyak peluang usaha mulai dari jual beli action figure, reparasi, fotografi, dan juga workshop.

Perkembangan action figure ke depan tampaknya masih cerah selama rumah-rumah produksi terus mengeluarkan seri baru dari tokoh-tokohnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *