Macam-Macam Mainan Anak Perempuan Untuk Kado Ulang Tahun

Sebagian orang tua masih berpatokan pada gender ketika membelikan mainan untuk anak. Padahal, semakin beragam mainan yang dimainkan anak, maka semakin kreatif dan open mind si anak nantinya. Apalagi bagi orang tua yang memiliki anak perempuan, mereka sering bingung dalam memilih macam macam mainan anak perempuan. Belum lagi untuk memilih kado ulang tahun anak perempuan. Sebenarnya mainan adalah jenis kado yang paling gampang dicari.

Namun, masih banyak orang tua yang bingung memilih macam macam mainan anak perempuan.

Hal ini karena banyak yang menganggap mainan untuk anak perempuan hanya terbatas pada boneka atau masak-masakan saja. Padahal masih banyak mainan lain yang bisa dijadikan pilihan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menghadiahkan Mainan

Boleh-boleh saja menghadiahkan mainan untuk anak perempuan yang berulang tahun. Namun ada baiknya melakukan sedikit analisa sebelum membeli mainan. Anak perempuan cenderung menyukai segala hal yang berwarna cerah. Selain itu, bentuk-bentuk mainan yang imut dan lucu juga sering menarik perhatian anak perempuan.

Oleh karena itu, hadiahkanlah mainan yang mempunyai warna cerah dan bentuk lucu. Biasanya mainan dengan bentuk yang sedikit aneh atau cenderung menyeramkan tidak menarik perhatian anak perempuan. Selain itu, anak perempuan juga menyukai mainan yang bertekstur lembut. Misalnya boneka-boneka yang empuk dan lembut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian mainan dengan umur anak.

Mainan untuk anak TK tentu lain dengan mainan anak SD. Sudah barang tentu juga akan berbeda dengan mainan anak balita. Oleh karena itu, berikanlah mainan yang sesuai umur agar bisa langsung dimainkan. Juga untuk menghindari mainan tidak dimainkan karena sudah tidak cocok dengan usianya.

Perhatikan juga manfaat dari mainan itu. Macam-macam mainan anak perempuan memang banyak. Namun jangan juga asal menghadiahkan mainan. Ada mainan-mainan yang memang dirancang untuk menunjang tumbuh kembang. Nah, mainan seperti inilah yang bisa dipilih sebagai kado. Anak perempuan juga menyukai mainan-mainan edukatif.

Jangan lupakan kualitas dan keamanan mainan yang dipilih. Karena ini untuk diberikan sebagai kado, maka pilihlah mainan dengan kualitas baik. Kado mainan dengan kualitas yang baik akan sangat berkesan. Mainan dengan kualitas baik memiliki struktur yang kokoh dan tebal. Selain itu warna mainan berkualitas biasanya lebih utuh dan tidak pudar.

Pilihan Mainan Anak Perempuan yang Bisa Dijadikan Kado

Macam-macam mainan anak perempuan kadang malah membuat orang tua bingung. Padahal hal ini bisa disiasati dengan membeli mainan yang universal. Artinya mainan itu bisa dimainkan oleh semua gender. Jadi jika kebetulan si anak perempuan mempunyai saudara laki-laki mereka bisa bermain bersama.

Berikut ini adalah beberapa mainan anak perempuan yang cocok dijadikan kado:

Mainan Masak-masakan

Sepertinya inilah mainan paling populer bagi anak perempuan. Hampir tidak ada anak perempuan yang tidak menyukai mainan masak-masakan. Jenis mainan ini telah berevolusi menjadi mainan yang sangat seru untuk dimainkan. Jika dulu mainan masak-masakan adalah seperangkat alat dapur dalam bentuk kecil, saat ini tersedia juga dalam bentuk besar.

Kini mainan ini hadir dalam bentuk kitchen set yang lengkap dengan peralatan masak berupa panci, kompor, teko, pisau dan juga spatula. Menariknya lagi, kitchen set ini juga dilengkapi dengan buah-buahan dan sayur yang bisa dipotong. Pengalaman bermain masak-masakan jadi tidak terlupakan. Harga mainan ini dibanderol mulai dari 200 ribu rupiah sampai 1,5 juta rupiah.

Boneka

Mainan yang satu ini memang identik dengan anak perempuan. Ketika memilih mainan sebagai kado untuk anak perempuan, seringkali pilihan jatuh pada boneka. Anak perempuan memang suka bermain peran. Maka dari itu, pilihlah boneka yang bisa mereka jadikan sarana bermain peran. Barbie masih jadi pilihan yang populer. Namun, ada banyak juga jenis boneka yang lain, diantaranya boneka yang bisa mengaji. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.

Selain itu, beberapa supplier seperti IKEA memiliki koleksi boneka yang unik dan menarik untuk anak perempuan. Biasanya IKEA memproduksi boneka dari kreasi anak-anak yang ikut dalam lomba mereka. Jadi, anak-anak akan langsung merasa dekat dengan boneka itu. Selain itu, bahan yang digunakan juga lembut dan empuk. Anak perempuan pasti suka.

Rumah Boneka

Jika yang berulang tahun kebetulan adalah anak sendiri atau keponakan kesayangan, bolehlah memberi sesuatu yang bernilai lebih. Salah satunya adalah rumah boneka. Mainan ini akan sangat cocok diberikan jika si anak mempunyai banyak koleksi boneka Barbie atau sejenisnya. Bisa juga disandingkan dengan koleksi mainan bentuk hewan yang dimiliki si anak.

Rumah mainan ini sangat lengkap. Anak perempuan bisa mendapatkan furniture, peralatan mandi, meja rias, dapur dan mesin cuci. Bagi anak perempuan ini adalah hadiah yang diidam-idamkan. Sudah terbayang, kan, betapa bahagianya mereka ketika mereka mendapatkan mainan impian mereka? Harga mainan ini memang cukup mahal, yaitu sekitar 2,5 jutaan untuk jenis super.

Lego
Perusahaan mainan kawakan ini memang brilian. Lego ternyata mainan yang universal sehingga cocok juga dimainkan oleh anak perempuan. Lego bisa mengasah kreatifitas anak perempuan yang memang senang dengan sesuatu yang detail. Selain bisa mengasah kreatifitas, Lego juga seru untuk dimainkan bersama orang tua atau saudara. Seri Lego Friends adalah seri yang bisa dipilih untuk kado anak perempuan.

Pasir Mainan
Pasir mainan adalah salah satu dari macam-macam mainan anak perempuan yang cocok dijadikan kado. Dalam satu set pasir mainan terdapat 6 buah pasir warna-warni, sekop kecil, cetakan, pisau ukir dan tatakan. Anak perempuan bisa bebas mencetak bentuk kesukaan mereka. Biasanya cetakan berbentuk hewan-hewan laut. Pasir mainan ini bisa menghadirkan aktivitas luar ruang yang menyenangkan bagi anak.

Play-Doh
Anak perempuan pasti menyukai PlayDoh karena mereka bisa bebas berkreasi. Untuk anak perempuan, jenis PlayDoh yang bisa dipilih adalah Sundae Scoop atau juga Mysteries Disney Frozen. Namun pada dasarnya, semua seri PlayDoh cocok untuk dimainkan oleh anak perempuan. Mainan ini tergolong mainan edukatif karena merangsang daya pikir dan kreatifitas anak.

Permainan Kasir
Seperti dibahas di atas bahwa anak perempuan suka bermain peran. Permainan kasir adalah jenis mainan yang cocok untuk mengakomodir kesukaan anak perempuan ini. Dalam satu set permainan kasir biasanya akan ada uang-uangan, mesin kasir, dan juga struk mainan. Mainan ini akan sangat seru dimainkan bersama dengan teman atau saudara.

Agar anak semakin gembira, orang tua juga bisa ikut bermain di permainan kasir ini. Orang tua bisa berpura-pura menjadi pelanggan yang akan membayar belanjaannya. Sementara anak menjadi kasir. Melalui permainan ini, orang tua bisa sekaligus mengajari anak tentang berhitung dan bagaimana transaksi jual beli dilakukan.

Macam-macam mainan anak perempuan di atas membuat pilihan kado ulang tahun semakin beragam. Pilih mainan yang tahan lama agar mainan tadi bisa dimainkan selama beberapa waktu kedepan. Yang paling penting lagi adalah jangan membatasi mainan pada anak perempuan. Biarkan jika pada suatu saat mereka ingin mainan anak laki-laki. Hal ini agar anak tetap kreatif dan tidak terkotak-kotak nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *