4 Tips Memilih Dan Merawat Ukiran Kaligrafi Kayu Dalam Rumah

Menambahkan ukiran kaligrafi kayu di dalam rumah adalah ide yang sangat menarik berkaitan dengan dekorasi ruangan. Ya, ukiran kaligrafi kayu tersebut tidak hanya akan membuat ruangan menjadi lebih menarik, melainkan juga sejuk karena adanya sentuhan Islam melalui kaligrafi di dalamnya.

Jika Anda berniat untuk membeli ukiran kaligrafi kayu tersebut, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai tips untuk memilih serta merawat hiasan tersebut. Kedua tips tersebut tentu penting agar Anda bisa mendapatkan produk ukiran kaligrafi kayu yang menarik serta bisa melakukan perawatan yang tepat.

Nah, untuk memilih produk ukiran kaligrafi kayu yang tepat, ada beberapa tips yang perlu Anda jadikan pertimbangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cek bahan baku kayu yang digunakan untuk membuat ukiran kaligrafi kayu karena berhubungan dengan kualitas. Bahan kayu yang umum digunakan adalah kayu jati yang bukan hanya kuat, tetapi bebas dari rayap.
  • Pertimbangkan ukuran ukiran kaligrafi kayu yang akan dipasang dengan luas dinding ruangan. Untuk ruangan yang cenderung kecil, ukiran kaligrafi kayu yang dipasang juga sebaiknya jangan terlalu besar.
  • Pilih warna finishing ukiran kaligrafi kayu yang tepat. Agar terlihat lebih alami, maka Anda bisa membandingkan beberapa warna yang umumnya digunakan, seperti coklat tua, emas, atau kombinasi warna lain. Tentu, pemilihan warna harus dipadukan dengan desain ruangan Anda.
  • Perhatikan detail desain ukiran kaligrafi kayu yang hendak dibeli. Tentu saja, hal ini penting karena desain hiasan akan berpengaruh pada kesan yang didapatkan. Semakin bagus ukiran kaligrafi kayu, kesan yang didapatkan pun juga lebih maksimal.

Beberapa tips di atas bisa diandalkan untuk membantu Anda mendapatkan produk ukiran kaligrafi kayu yang menarik. Hanya saja, selain tips di atas, Anda juga perlu mengetahui tips untuk merawat ukiran kaligrafi kayu tersebut.

Beberapa tips yang bisa diterapkan agar ukiran kaligrafi kayu tersebut awet dan tidak mudah rusak adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan ukiran kaligrafi kayu di tempat yang kering dan tidak lembab. Hindari pula menempatkan hiasan ini di tempat yang terlalu panas. Hal ini dikarenakan faktor suhu dan kelembaban akan berdampak pada kondisinya secara umum.
  • Jika ukiran kaligrafi kayu terkena air, segera keringkan dengan menggunakan kain lap yang lembut. Air yang membasahi ukiran kaligrafi kayu tersebut jika dibiarkan nanti akan meninggalkan noda yang susah dibersihkan.
  • Hindari mencuci ukiran kaligrafi kayu dengan banyak air. Untuk menghilangkan noda atau membersihkannya, cukup lap dengan kain basah yang sudah diperas sebelumnya.
  • Untuk ukiran kaligrafi kayu yang sudah lama dipajang, tambahkan lapisan furniture. Lapisan ini akan membuat ukiran kaligrafi kayu lebih mengkilap.

Nah, demikian beberapa tips terkait memilih dan merawat ukiran kaligrafi kayu. Anda bisa melihat desain kaligrafi ukir Jepara untuk mendapatkan inspirasi tentang ukiran kaligrafi kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *