5 Makanan Sehat yang Bakal Ngetren di 2020, Mau Coba?

Selain rutin berolahraga, untuk menjaga kesehatan tubuh diperlukan pula makanan yang sehat. Tahun 2019 ini adalah tahun di mana tren makanan sehat sudah banyak bermunculan dan digemari masyarakat, seperti susu oat dan makanan probiotik.

Dikutip dari Women’s Health, para ahli nutrisi memprediksi beberapa makanan sehat yang akan populer di tahun 2020, apa saja?

  1. Protein nabati

Di tahun 2019 ini masyarakat telah menyadari pentingnya mengonsumsi makanan yang bersumber dari protein nabati, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Nah, di tahun 2020 mendatang, makanan yang mengandung protein nabati tampaknya akan menjadi populer lagi.

“Mereka (protein nabati) selalu ada, tetapi ketika orang menjadi lebih sadar tentang sumber makanan, protein nabati kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak momentum pada tahun 2020,” kata Ahli Gizi dan Nutrisi, Laura Iu, RD.

  1. Berbasis tanaman

Meskipun produk-produk makanan yang berbasis nabati telah banyak diminati, namun menurut ahli gizi, pada tahun 2020 akan terjadi peningkatan terhadap flexitarian, diet yang mengurangi makanan produk hewani dan memperbanyak makanan produk nabati. Kemungkinan juga akan ada lebih banyak produk sayuran hibrida.

“Menurut laporan Eat Lancet yang terkenal , diet yang berkelanjutan yang mendukung kesehatan manusia dan planet untuk jangka panjang didasarkan pada tanaman, tetapi masih memberi ruang bagi jumlah makanan hewani yang lebih sedikit,” kata Ahli Gizi dan Nutrisi, Maggie Moon, RD.

  1. Nootropik

Nootropik adalah senyawa yang membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk fungsi memori dan kognitif. Mereka datang dalam bentuk suplemen atau obat-obatan, tetapi ada juga sejumlah makanan nootropik yang meningkatkan kesehatan kognitif, seperti kunyit, blueberry, salmon, brokoli, kenari, kuning telur, dan rumput laut.

“Pada 2020, hanya satu dekade singkat dari setiap Baby Boomer menjadi usia pensiun. Akibatnya, orang semakin khawatir tentang kesehatan otak,” jelas Moon.

  1. Susu non-hewani

Kebanyakan susu yang dikonsumsi masyarakat adalah susu yang berasal dari hewan, seperti susu sapi. Namun kini telah banyak produk susu yang berasal dari kacang-kacangan seiring dengan tren vegan yang banyak diterapkan masyarakat.

“Hari ini hampir setiap kacang almond, bunga matahari, jambu mete, walnut memiliki versi susu,” ahli nutrisi Keri Gans, RD.

  1. Pemanis alami

“Menurut Dewan Informasi Makanan Internasional, hal nomor satu yang dilakukan orang Amerika untuk makan lebih sehat adalah membatasi asupan gula,” kata Moon.

Untuk memperbaiki semua asupan gula itu, Moon memperkirakan lebih banyak orang akan mencari rasa manis alami dari makanan seperti kurma, kismis, dan buah lainnya. Laporan Whole Foods pun memprediksi bahwa merk-merk makanan kemungkinan akan meluncurkan lebih banyak pengurangan sirup dan mencari sumber pemanis alami buah seperti buah delima, kelapa, dan kurma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *