Cara Membuat Cireng Isi

Cireng adalah salah satu cemilan yang saat ini jadi favorit anak remaja. Bukan hanya anak remaja sebenarnya, orang dewasa juga menyukainya namun dengan selera berbeda. Hal inilah yang membuat banyak sekali inovasi cireng yang sekarang ada. Cireng bukan hanya berwarna putih dan polosan. Cireng juga berisi dengan isian yang enak. Isian cireng ini bisa dibuat dengan mudah jika anda ingin cireng isi yang enak. Anda bisa juga membuat makanan khas indonesia cireng isi sebagai cemilan keluarga yang langsung habis. Berikut beberapa resep cara membuat cireng isi.

  • Cireng Isi Ayam

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cireng isi ayam adalah dada ayam 250 gram, bawang putih 3 siung, bawang merah 3 siung, cabe pedas 5 buah, cabe rawit 3 buah dan kaldu bubuk ayam. Untuk bahan cirengnya adalah tepung aci atau sagu 200 gram, 50 gram tepung terigu, bubuk bawang putih, kaldu bubuk ayam, garam dan air hangat secukupnya.

Pertama anda buat isinya dahulu dengan merebus ayamnya dan kemudian disuwir. Setelah itu tumbuk kasar bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe pedasnya. Tambahkan kaldu bubuk ayam dan garamnya kurang lebih ½ sendok teh. Setelah itu ditumis bumbu dan ayam suwirnya dan tambahkan lagi kaldu bubuk ayamnya. Anda sisihkan dahulu isinya. Setelah itu buat cirengnya dengan mencampurkan tepung terigu dan tepung sagu. Beri air hangat sedikit dahulu lalu diaduk. Kemudian tambahkan lagi air hangat hingga adonannya kalis. Setelah itu adonan dicetak bulat dan masukkan isian ayamnya tadi. dilipat dan pinggirnya diberikan gerigi. Goreng cireng isis ayamnya.

  • Cireng Isi Oncom

Cireng selanjutnya juga menjadi favorit. Bahan yang disiapkan untuk isian oncomnya adalah oncom 1 kotak, kencur 1 ruas jari, kaldu bubuk sapi, garam, bawang merah 2 siung, bawang putih 2 siung dan cabe pedas 5 buah. Untuk bahan cirengnya, siapkan tepung terigu 50 gram, tepung sagu 210 gram, air hangat, garam ½ sendok teh, bubuk bawang putih.

Anda hancurkan oncomnya dengan garpu atau gelas. Setelah itu anda ulek bawang merah dan bawang putihnya. Kemudian anda ulek juga cabe merah dan kencurnya ke dalam bawang. Setelah itu tumis bumbunya dan kemudian masukkan oncomnya dan tambahkan garam. Kaldu bubuk sapi tambahkan 1 sendok teh. Berikan air sedikit saja agar matang oncomnya. Setelah itu anda buat adonan cireng dengan mencampurkan semua tepung dan air secukupnya. Jangan lupa garam dan kaldu bubuknya. Uleni dan ambil adonan dan isi dengan isian oncomnya. Bentuknya terserah selera anda.

  • Cireng Isi Keju

Cireng isi yang satu ini sangat mudah dan tidak perlu dimasak isiannya. Anda hanya menyiapkan keju cheddar dipotong dagu. Nah, untuk bahan cirengnya, tepung sagu 220 gram, tepung terigu 30 gram dan air hangat. Garam dan kaldu bubuk masing-masing ½ sendok teh.

Anda masukkan tepung terigu ke dalam tepung sagu. Berikan garam dan kaldu bubuknya. Setelah itu tambahkan air secukupnya dengan beberapa tahapan sambil diuleni hingga kalis. Setelah itu cetak adonannya jadi bulat pipih dan masukkan isian kejunya satu persatu. Tutup dan goreng hingga kecoklatan. Anda bisa juga memilih keju mozarellan agar ketika digigit cirengnya, isian kejunya bisa meleleh di mulut. Dengan mozzarella ini juga jadi cireng yang kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *