Cara Membuat Cucur Yang Enak

Kue tradisional memang tidak pernah gagal dalam rasa dan juga keunikannya. Tidak heran jika kue kekinian belum bisa mengalahkan kue tradisional. Apalagi kue tradisional lebih kaya akan rasa dan juga bahannya lebih sehat. Kue tradisional memang masih banyak sekali yang menjual di pinggir jalan atau toko kue. Namun di beberapa kota besar seperti di mall agak sulit dijumpai. Jadi bagi anda yang sekarang sulit menjumpai kue tradisional bisa membuatnya sendiri. Anda bisa membuat kue tradisional cucur di rumah. Kue cucur ini punya bentukan yang unik dan rasanya manis. Kue cucur juga akan jadi teman minum kopi yang cocok sekali. Berikut cara membuat menu buka puasa simple kue cucur.

  • Cucur Gula Merah

Kue cucur memang identic dengan gula merah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kue cucur gula merah adalah tepung beras 100 gram, tepung terigu 100 gram, gula merah 150 gram, garam ¼ sendok teh, daun pandan 2 lembar dan air biasa sekitar 250 ml. Anda siapkan juga minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya adalah dengan melarutkan gula merah dengan air dan juga masukkan daun pandan. Setelah itu tunggu dulu airnya hangat. Anda campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam jadi satu. Setelah itu anda masukkan alrutan gula merahnya sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Aduk hingga rata dan tidak gumpalan. Setelah itu diamkan adonan tepungnya selama kurang lebh 1 jam. Jika sudah menggelembung, anda bisa mencetaknya di dalam wajan berisi sedikit minyak. Anda bisa mencetak 1 sendok sayur. Jika sudah menjalar dari samping adonannya berarti anda berhasil.

  • Cucur Pandan

Cucur tidak hanya bisa dibuat dari gula merah, cucur bisa dicampur dengan apa saja termasuk pandan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cucur pandan adalah tepung beras 125 gram, tepung terigu 100 gram, gula pasir 150 gram, air biasa 300 ml, garam 1 sendok teh, pewarna pandan dan daun pandan 3 lembar.

Cara membuat cucur pandan adalah dengan melarutkan gula dengan air dan masukkan daun pandan. Diaduk agar larut dan diamkan dahulu hingga tidak panas lagi. Setelah itu di wadah lain campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam. Setelah tadi larutan gula hangat masukkan ke dalam campuran tepung dan mixer sebentar kurang lebih 3 menit. Masukkan pewarna pandan secukupnya. Setelah itu anda diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam atau 3 jam. Anda siapkan wajan berisi minyak sedikit, dan ambil adonan 1 centong sayur. Goreng hingga matang dengan api sedang.

  • Cucur Pelangi

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cucur pelangi adalah tepung terigu 125 gram, tepung beras 145 gram, gula pasir 140 gram, garam 1 ½ sendok teh, daun pandan 2 lembar, air 200 ml dan minyak goreng. Siapkan 3 pewarna makanan pink, hijau dan kuning.

Cara membuat cucur pelangi adalah dengan melarutkan gula putih dengan air dan masukkan daun pandan. Sisihkan dahulu larutannya, dan campurkan semua tepung. Tambahkan garam dan aduk rata. Masukkan larutan gula sedikit demia sedikit sambil diaduk dengan whisker. Diamkan adonan selama 1 jam lebih. Setelah itu bagi menjadi 3 bagian dan beri masing-masing warna. Nah waktu menggoreng, ambil adonan sama banyaknya ke dalam centong sayur dan goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *