Cara Memilih Produk Skincare yang Ramah Lingkungan

Menjadi cantik adalah dambaan setiap wanita, oleh karena itu banyak dari mereka yang melakukan apa saja untuk mendapatkannya. Salah satunya menggunakan skincare terbaik. Bahan pembuatan skincare itu bermacam-macam, salah satu adalah bahan yang ramah lingkungan atau bisa disebut eco friendly.

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu bahwa ada skincare dengan bahan seperti ini. Padahal sebenarnya sudah lumayan banyak perusahaan skincare/ kosmetik yang mengampanyekannya. Apa saja sih produk skincare terbaik yang ramah lingkungan dan bagaimana cara untuk memilihnya? Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pemilihan Skincare Ramah Lingkungan

Sebenarnya bagaimana sih skincare yang ramah lingkungan itu? Apakah yang kandungannya terbuat dari bahan alami?

Ternyata bukan itu loh. Skincare yang bahan pembuatannya organik bukan berarti membuat produk itu ramah lingkungan. Untuk mengetahuinya, Anda harus membaca label pada kemasannya. Contoh skincare ramah lingkungan itu adalah produk yang tidak menggunakan bahan polyethylene microbeads alias plastik.

Biasanya bahan ini ditemukan pada produk-produk untuk eksfoliasi. Kandungan plastik ini tidak akan bisa larut di dalam air, akibatnya bisa membuat laut dan sungai jadi tersumbat.

Logo Skincare Ramah Lingkungan

Cara lain untuk mengetahui produk skincare ramah lingkungan adalah dengan melihat logonya. Ada 4 logo yang bisa mengindikasikannya. Antara lain.

  1. Ecocert
  2. Logo kelinci
  3. Mobius
  4. Green dot

Arti dari logo ecocert adalah skincarenya menggunakan bahan yang alami serta ramah lingkungan. Logo mobius dan green dot memiliki arti bahwa kemasan dari produk itu dapat didaur ulang. Sementara itu, untuk logo kelinci atau leaping bunny mengindikasikan bahwa produk itu no animal testing atau tidak ada pengujicobaan pada hewan.

Manfaat Skincare Eco Friendly

Manfaat utama dari skincare yang ramah lingkungan adalah membuat efek rumah kaca berkurang, tidak membuat pencemaran, dan membuat lingkungan hidup tetap lestari. Itu untuk segi lingkungan, sementara itu ada juga manfaat untu segi kesehatan kulit. Paling utama adalah membuat masalah kulit wajah teratasi.

Beberapa bahan yang digunakan pada skincare ramah lingkungan antara lain, kelapa, alga, ekstrak kedelai, ekstrak biji rami, aloe vera, rosehip, chamomile extract,centella asiatca, argan dan lain-lain. Ada juga bahan-bahan yang aman bagi kulit sensitif seperti vitamin A, C, dan E yang berkhasiat dalam membuat kulit lembap, menghidrasi kulit, membuat cepatnya penyembuhan luka, menenangkan kulit, dan membuat tekstur kulit lembut.

Merk Skincare Ramah Lingkungan Terbaik

Ingin tahu apa saja contoh merk/produk skincare yang ramah lingkungan itu, berikut daftarnya.

1. L’Occitane

Ini adalah produk yang berasal dari Prancis yang keberadaannya sudah ada sejak tahun 1976. Produk dari merek ini menggunakan kandungan minyak dari bunga juga tumbuhan. Kemudian kemasannya dapat didaur ulang.

2. The Body Shop

Produk-produk dari The Body Shop punya klaim eco friendly karena bahannya dari herbal, no animal testing, dan kemasannya bisa didaur ulang.

3. Sukin

Produk satu ini asalnya dari Australia. Mereka punya klaim bahannya terbuat 100% dari cruetly free juga vegan sehingga sangat aman untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit.

4. Sensatia Botanicals

Tidak mau kalah dengan merk-merk produk skincare luar negeri di atas, di Indonesia juga ada produk seperti itu. Sensatia Botanical ini asalnya dari Bali. Selain kandungan bahannya alami, produk ini juga menggunakan kemasan yang bahannya alami, contohnya kertas yang telah didaur ulang.

Semoga infonya bermanfaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *