Djoko Santoso, Mantan Panglima TNI yang Memilih Dimakamkan di San Diego Hills

Djoko Santoso merupakan tokoh yang sangat terkenal dan berpengaruh di kalangan masyarakat militer khususnya. Hal ini dikarenakan kedudukan beliau sebagai mantan Panglima Tentara Nasional Republik Indonesia (TNI) pada tahun 2007 sampai tahun 2010. Kiprahnya dalam kemiliteran dapat dicontoh oleh TNI lainnya. Pada tahun 2020 Ia resmi tutup usia di usianya yang mencapai 67 tahun.

Fakta makam San Diego Hills yang harus Anda ketahui!

  1. Pemakaman Terbesar di Indonesia

Pemakaman San Diego Hills merupakan area pemakaman yang terbesar di Indonesia dengan luas yang dimilikinya yaitu 502 hektare. Area pemakaman ini mencoba memadukan antara kebudayaan yang ada di Indonesia dengan konsep elegan Forest Lawn.

Berpulangnya Djoko Santoso ke tangan Sang Kuasa tahun 2020 silam, mengisyaratkan untuk dimakamkan di pemakaman ini. Hal ini murni kemauan dari almarhum dan tidak ada paksaan dari pihak keluarga satupun.

  1. Harga Ditentukan Sesuai dengan Lokasi dan Pemandangan

Karena tempat pemakaman ini berbeda dengan pemakaman lainnya, maka terdapat juga perbedaan tipe makam. Di antaranya yaitu tipe tunggal, semi pribadi, makam private estate san diego hills, kuburan peak estate, dan juga island estate. Dengan adanya pengelompokan jenis makam tersebut, maka keluarga yang akan membeli tanah makam dapat memilih sesuai keinginan.

  1. Prosesi Pemakaman yang Berbeda Sesuai Tingkatannya

Untuk pemakaman di San Diego Hills ini menerima dari berbagai kalangan agama. Sehingga prosesinya pun berbeda-beda dan ditentukan menurut kepercayaan mendiang tersebut. Di kawasan pemakaman ini terdapat 3 area yang berbeda. Yaitu area universal untuk agama manapun, area untuk umat Islam, dan juga area untuk masyarakat Tionghoa.

Proses pemakaman almarhum Djoko Santoso tahun lalu dilakukan secara militer. Meski Ia tidak dimakamkan di TPU Kalibata akan tetapi penghormatan terakhir secara militer tetap dilaksanakan. Proses pemakamannya pun dilakukan di area kedua yang merupakan area pemakaman khusus untuk umat Islam.

  1. Konsep Pemakaman Berupa Taman yang Indah

Mendengar kata makam disebut tentu saja yang langsung terngiang di kepala pastinya kesan menyeramkan, horror, tidak indah dan lain sebagainya. Akan tetapi hal ini berbanding terbalik dengan kondisi pemakan San Diego Hills. Pemakaman San Diego Hills mengusung konsep pemakaman berupa taman indah yang menjadikannya nampak asri, bersih dan juga nyaman.

Pemakaman San Diego Hills ini merupakan area pemakaman mewah di Indonesia. Orang-orang yang membeli tanah peristirahatan terakhir bagi keluarganya pun memang berasal dari keluarga mampu yang biasanya sering menjadi pusat perhatian publik.

  1. Terdapat Beberapa Fasilitas Menarik

Uniknya lagi, meski San Diego Hills merupakan sebuah pemakaman, akan tetapi di tempat ini dapat ditemui ragam fasilitas yang disediakan untuk keluarga mendiang. Di antara fasilitas tersebut yaitu berupa kolam renang, restoran, took bunga dan hadiah, jogging track, tempat berkemah dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas tersebut maka pemakaman ini semakin menarik.

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemakaman San Diego Hills ini tidak main-main mewahnya dan juga indahnya. Fasilitas inilah yang dibangun dengan tujuan agar para keluarga mendiang merasa nyaman ketika mereka berziarah di pemakaman ini.

Setelah selesai berziarah pun keluarga mendiang dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti kolam renang yang di sampingnya terdapat restoran. Hal ini bertujuan untuk melepas sedih setelah ditinggal pergi oleh mendiang.

Untuk Anda yang tinggal di daerah Karawang dan menginginkan makam sesuai harapan, maka pemakaman San Diego Hills adalah jawabannya. Seperti halnya Djoko Santoso yang juga dimakamkan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *