Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Domain dan Hosting

Website sangat penting sekali untuk sebuah perusahaan, terutama dalam mengembangkan bisnisnya. Apalagi di era digital saat ini, di mana arus informasi yang begitu cepat hanya dalam hitungan detik.

Website bisa menjadi media perusahaan untuk melakukan pemasaran secara online, sehingga bisa menjangkau lebih luas. Namun, apa saja yang dibutuhkan dalam membuat website?.

Bagi Anda yang ingin mencoba buat website, ada dua komponen utama yang harus dibeli yakni hosting dan domain. Keduanya sangat dibutuhkan dalam pembuatan website, sehingga penting sekali memilih layanan hosting dan domain terbaik.

Apa Fungsi Domain dan Hosting?

Domain dan hosting memiliki fungsi yang berbeda, tapi keduanya saling berkaitan. Domain memiliki fungsi sebagai alamat web, apabila nama web belum terdaftar maka nama tersebut boleh diklaim.

Sedangkan hosting merupakan media penyimpanan data atau file yang digunakan untuk website. Apabila keduanya telah siap maka website sudah bisa diakses melalui berbagai perangkat secara online.

Sebelum Beli Domain dan Hosting, Berikut Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Agar website yang Anda buat anti gagal dan sesuai dengan keinginan. Sebelum melakukan pembelian domain dan hosting, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, di antaranya yakni:

1. Menentukan Nama Domain

Sebelum beli domain, tentukan terlebih dahulu nama yang akan dijadikan domain untuk bisnis Anda. Buatlah nama domain yang mudah diingat dan tidak panjang, bisa menggunakan nama brand ataupun KOD (keyword on domain).

Hindari juga penggunaan tanda baca ataupun angka untuk domain yang akan didaftarkan. Selain itu, buatlah nama domain yang belum dipakai orang lain dan masih fresh untuk didaftarkan.

2. Ekstensi Domain

Setelah menentukan nama untuk domain, langkah berikutnya yakni memilih Ekstensi Domain untuk dipakai. Ada beberapa Ekstensi Domain yang populer dan banyak digunakan oleh pelaku bisnis, yakni .com, .co.id, .id, .net, .org, dan .biz.

Berbeda lagi jika website yang Anda buat digunakan untuk sekolah ataupun informasi, Ekstensi Domain yang dipakai yakni sch.id, ac.id, dan .info. Apabila domain sudah Anda tentukan, langkah berikutnya yakni menentukan hosting.

3. Menentukan Hosting

Sebelum membuat sebuah website penting sekali menentukan layanan hosting, Anda bisa mencari layanan hosting terbaik di internet dengan mudah. Untuk layanan hosting Indonesia carilah layanan hosting yang telah memiliki badan hukum atau legalitas.

Selain itu, perhatikan juga spek dari layanan hosting seperti kapasitas penyimpanan, lokasi server, cpu, dan sebagainya. Dan pilihlah layanan hosting yang terjangkau, dengan pilihan paket pembayaran mulai dari bulanan hingga tahunan.

4. Pembayaran Mudah

Biasanya perusahaan layanan hosting memiliki berbagai macam metode pembayaran. Salah satunya layanan hosting dan domain di Qwords yang memiliki beberapa metode pembayaran selain melalui bank.

Penutup

Sebelum membuat website penting sekali menentukan domain dan hosting, mulai dari pemilihan nama domain, layanan hosting, hingga metode pembayaran. Setelah itu, mulailah untuk membuat website pada layanan hosting dan domain yang Anda pilih.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *