Keutamaan Doa Qunut Subuh Bila Dibaca Setiap Hari

Masyarakat Indonesia memang terbiasa menjalankan doa qunut subuh. Karena, mayoritas muslim Indonesia bermadzhab syafi’i. Kebiasaan membaca doa qunut subuh biasanya di pagi hari, yaitu ketika menjalankaan solat subuh.

Lantas, apakah membaca doa qunut subuh memiliki keutamaan, manfaat dan keberuntungan yang akan di dapatkannya? 

Solat sendiri berkhasiat atau memiliki keutamaan mencegah perbuatan keji dan mungkar. Apalagi, di dalam solat memiliki bacaan-bacaan tertentu yang disunahkan. Termasuk doa qunut subuh hari yang memiliki keutamaan karena isi dalam doanya.

Manfaat Membaca Doa Qunut Subuh Sesuai Langkah Kegiatannya

  • Mengikuti sunah Nabi SAW

Membaca doa qunut subuh dianggap sunah yang penting, setelah membaca tasyahud awal. Tentunya, Nabi SAW sendiri pernah membaca doa qunut subuh. 

Konon, doa qunut subuh yang dibaca Nabi SAW hannya sekali. Tetapi, perbuatan Nabi SAW ini yang sudah cukup jadi pegangan. Jangan sampai menganggap Nabi SAW tidak pernah qunut. Ini sama saja mengingkari sunnah Nabi. Kalaupun ada perbedaan hukum, ini hanya persoalan hasil fatwanya. Tetapi, jangan sampai mengingkati sunahnya.

  • Solusi berdoa untuk orang yang malas berdoa setelah solat

Banyak orang yang setelah selesai solat, tidak membaca doa. Padahal, membaca doa sendiri adalah ibadah. Sayang, bila tidak dijalankan. Kalaupun berdoa, kalimat doa yang dipakai hanya kalimat pendek hasil buatan sendiri. Padahal, membaca doa yang disunnahkan Nabi SAW memiliki nilai plus ibadah.

  • Mencegah lupa tentang status solatnya

Doa qunut subuh adalah pembeda dengan solat lain. Dengan membaca doa qunut subuh, ini akan menghilangkan kesamaan dengan rukun solat yang lain. Karena faktor lupa tidak membaca qunut, bisa saja rakaat solanya ditambah seperti sedang menjalankan solat isya.

Manfaat Membaca Doa Qunut Subuh Sesuai Isi Doanya

Beberapa keutamaan membaca doa qunut subuh setiap hari sesuai isi dari doa qunut subuh.

  • Mendapat Petunjuk

Ingin mendapat petunjuk, tentunya harus berdoa dengan kalimat yang sesuai keinginanya. Di dalam doa qunut subuh terdapat bacaan-bacaan yang memiliki keistimewaan sendiri, salah satunya mendapat petunjuk. Kalimat Allahummah dini fi man hadait memiliki arti “Ya Allah, berikanlah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah engkau beri petunjuk.”

  • Mendapat Kesehatan Badan

Rupanya, doa meminta kesehatan mendapat urutan kedua setelah meminta petunjuk. Karena, untuk ibadah, badan sehat memang dibutuhkan. Jadi, dalam doa qunut subuh, seseorang akan berdoa “wa ‘afini fiman ‘afait” sebagai doa meminta kesehatan.

  • Mendapat Pemeliharan dan Perlindungan Dari Allah

Mansia pada dasarnya dipelihara dan dilindungi Allah melalui penciptaan-penciptaan yang lainnya. Seperti halnya perlindungan kelopak mata atas mata yang sudah Allah berikan. 

Tetapi sebagai manusia tetap berdoa “wa tawallani fi man tawallait” yang tujuannya agar dibawa bersama orang-orang yang sudah diberikan perlindungan sebelumnya.

  • Mendapat Keberkahan

Berdoa dengan kalimat “wa barik li fi ma a’thait”, maka segala apa yang diberikan Allah pada seseorang, akan mendapat keberkahan. Tentunya, hidup penuh berkah adalah idaman banyak orang. Karena dengan berkah, si miskin akan merasa kaya, si kaya akan merasa butuh berderma.

  • Berdoa Dengan Memuji Allah 

Kebanyakan orang berdoa hanya memberikan kalimat apa yang ingin diwujudkan. Bila ingin kaya, kalimat yang diucapkan adalah permohonan pertambahan rizki atau lainnya. Tetapi, setelah itu, tidak ada lagi kalimat yang memuji-muji Allah.

Padahal, berdoa sambil memui-muji Allah potensi terkabulnya makin kuat. Karena Allah suka dipuji.

Tetapi, untung bila seseorang sudah membaca doa qunut subuh setiap hari. Di dalam doa ini, ada kalimat memuji-muji Allah.

  • Berdoa Dengan Tawasul Nabi SAW

Menghadirkan nama Nabi SAW dalam doa adalah bentuk tawasul yang lain. Jadi, setiap doa kalau tidak malas berdoa, harus disertai memberikan solawat kepada Nabi SAW. Di dalam doa qunut subuh sendiri memang penutupnya memberikan solawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *