Kotoran Rayap dan Fakta Menarik Tentang Rayap

Apa yang anda rasakan ketika pertama kali mendengar nama kotoran?? pastinya dalam pikiran anda langsung terbayang-bayang sesuatu yang menjijikan bukan? Hal tersebut sudah tidak bisa dipungkiri lagi, karena yang namanya kotoran pasti sesuatu yang kotor dan tidak enak dipandang mata. Namun hal ini berbeda dengan kotoran rayap. Penasaran?? dalam artikel ini kami akan menjalaskan tentang kotoran rayap dan fakta menarik tentang rayap.

Kotoran Rayap

Semua hewan yang hidup pastinya mereka akan mengeluarkan kotoran, karena kotoran sendiri merupakan sebuah hasil akhir dari sistem pencernaan tubuh. Begitu pula dengan rayap.

Kotoran Rayap dan Fakta Menarik Tentang Rayap

Kotoran rayap adalah salah satu diantara hasil produksi sendiri yang telah dimanfaatkan juga untuk kehidupan mereka, yang tak lain adalah untuk membuat sarang. Hal inilah yang menjadikan rayap menjadi salah satu hewan yang cukup unik didunia. Ternyata mahluk sekecil itu telah diberi kemampuan yang luar biasa untuk menjalani hidup serta bisa mempertahankan dirinya dalam sarang.

Kotoran Rayap dan Fakta Menarik Tentangnya!

Kotoran Rayap Tidak Menjijikan

Kotoran rayap berbeda halnya dengan kebanyakan kotoran pada umumnya yang terlihat menjijikkan dan berbau tajam. Kotoran rayap tidak menjijikkan sama sekali, dan jika kotoran tersebut dalam keadaan kering akan terlihat seperti butiran pasir berwarna coklat yang hampir sama seperti kayu.

Rayap sebagai hewan yang hanya memakan kayu, maka tidak heran jika kotorannya hampir mirip dengan kayu. Karena yang dikonsumsi bukanlah sebuah benda yang mudah busuk, maka kotorannyapun tidak menimbulkan bau.

Dari yang telah dimakan tersebut yang diambil adalah unsur selulosanya, sementara untuk yang lainnya dibantuĀ  oleh mikroba alami yang terdapat dalam tubuh rayap tersebut dari spesies Reticulitermen Speratus.

Sistem Pencernaan Yang Bermanfaat Untuk Manusia

Pada sistem pencernaan rayap telah terdapat bagian yang disebut hidgut bagian ini jika dalam tubuh manusia semacam usus besar. Penelitian membuktikan jika ternyata dalam hidgut rayap tersapat mikroba tertentu yang memporoduksi centrin sangat baik.

Dalam dunia kedokteran centrin ini dikenal sebagai salah satu protein yang mempunyai hubungan dengan proses pembelahan sel. Dengan adanya proses produksi pada rayap tersebut, maka menjadi sebuah jalan untuk dunia medis serta kedokteran untuk menggali informasi seputar pembelahan sel.

Kotoran Rayap Saling Dikonsumsi

Ternyata, selain digunakan untuk membuat rumah, kotoran rayap juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Namun untuk cara pengkonsumsian kotoran ini berbeda dengan ketika mereka mengkonsumsi kayu.

Kotoran rayap yang dikonsumsi bukanlah dari kotorannya sendiri, namun dari kotoran temannya. Inilah yang disebut sebagai kotoran rayap saling konsumsi. Tujuan dari pengkonsumsian kotoran ini adalah sebagai penyalur dari bakteri baik yang nantinya bisa membatu proses kerja tubuhnya untuk menjalani hidup.

Itulah sekilas informasi tentang kotoran rayap dan fakta menarik tentang rayap. Meskipun rayap tergolong hewan yang kecil, namun kehadirannya dalam rumah anda bisa sangat merugikan, dan untuk pembasmiannya sendiri terbilang lumayan sulit.

Jika anda saat ini sedang mempunyai masalah dengan pasukan rayap dansedang kebingungan untuk mencari tenaga pembasmian, anda bisa memanfaatkan jasa anti rayap Batam. Namun pastinya untuk lokasi anda juga berada disekitar Batam ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *