Menelusuri Kandungan Gizi dalam Gado-gado untuk Menu Dietmu

Gado-gado menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Apakah kalian salah satunya? Menu yang berisi sayuran rebus ini seperti salada sayur. Bedanya, jika salad sayur dibuat dari sayuran segar dan mayonaise. Sementara gado-gado dibuat dari sayuran yang direbus dengan sambal kacang sebagai sausnya.

Meskipun sedikit berbeda, keduanya sama-sama cocok dijadikan menu diet loh. Mengapa? Isian gado-gado berupa sayuran yang rendah kalori dan karbohidrat, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. Penasaran dengan kandungan gizi yang ada di dalam gado-gado? Yuk, kita telusuri gizi di dalam gado-gado pada umumnya.

  1. Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin C dan vitamin A. Berbagai zat gizi yang terdapat di dalam kangkung dapat memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu saja, kandungan kalium dan natrium dalam kangkung juga berkhasiat mencegah dehidrasi.

  1. Kacang Panjang

Dalam gado-gado, kacang panjang menjadi sayuran yang tak terlupakan. Kacang panjang mengandung protein, kalori, natrium dan karbohidrat. Dengan mengonsumsi kacang panjang, kalian sudah memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu saja, kacang panjang juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Tauge atau kecambah

Tauge memiliki banyak gizi yang terkandung di dalamnya, mulai dari kalsium, protein, magnesium, zat besi, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan serat di dalam tauge ini akan membantu memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh.

  1. Kentang

Kentang sebagai sumber karbohidrat yang bisa dijadikan menu pengganti nasi. Jadi, kalau kalian makan gado-gado saat sedang menjalankan program diet, usahakan tidak perlu mengonsumsi nasi. Hal ini dikarenakan, kebutuhan karbohidrat bisa didapatkan melalui kentang dan beberapa sayuran lain yang ada di dalam gado-gado.

  1. Tahu dan Tempe

Kedua makanan ini merupakan sumber protein nabati yang baik bagi kesehatan tubuh. Dalam makanan tersebut sudah terdapat karbohidrat sebagai pengganti nasi. Jadi sepiring gado-gado yang mengandung tahu dan tempe sudah mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan zat gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Sudah tahukan kandungan gizi yang terdapat dalam gado-gado? Jadikan menu gado-gado sebagai menu diet yang lezat. Bagi kalian yang sedang lembur di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, jadikan gado-gado sebagai menu makan malam yang bikin kenyang tapi tak bikin berat badan mengembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *