Mengenal Berbagai Macam Jenis Sambungan Pipa PVC

Sambungan pipa memiliki fungsi untuk menyambungkan pipa satu dengan pipa yang lain agar bisa pipa yang disambung bisa mengalirkan air dengan lancar. Ada berbagai jenis pipa yang banyak digunakan oleh masyarakat yaitu seperti pipa yang memakai bahan poly vinyl chloride atau biasa disebut dengan pipa PVC. 

Pipa PVC memiliki kualitas yang bagus, oleh sebab itu banyak masyarakat yang memilih pipa tersebut. Selain pipa, juga terdapat sambungan pipa PVC yang bervariasi seperti sambungan lurus, sambungan empat arah dan masih banyak jenis lainya. 

Nah berikut ini akan kamin paparkan sedikit penjelasan untuk mengenal berbagai macam jenis sambungan pipa PVC yang bisa kamu tahu: 

  1. Socket

Jenis sambungan pipa PVC yang pertama ialah socket. Sambungan socket ini yaitu digunakan untuk menyambunhkan pipa yang satu dengan pipa yang lainya secara lurus. Untuk jenis pipa ini hanya bisa dipakai untuk menyambungkan pipa dengan jenis pipa yang sama. 

Ada tiga  jenis pipa sambungan socket yaitu socket drat didalam, socket drat diluar dan socket yang mempunyai 2 drat sekaligus yaitu luar dan dalam. Jadi  kamu bisa memilih sambungan pipa sesuai kebutuhan yang kamu inginkan. 

  1. Elbow

Jenis sambungan pipa yang kedua ialah Elbow. Jenis sambungan ini memiliki fungsi untuk membelokkan air atau biasa disebut dengan sambungan L. Pipa sambungan elbow ini tidaklah sama dengan pipa sambungan socket. 

Didalam jenis sambungan elbow ini terdapat drat. Adapun fungsinya ialah untuk menyanbungkan pipa PVC dengan pipa yang lainya. Untuk jenis sambungan ini ada tiga jenis yaitu elbow  45 derajat, elbow  90 derajat dan elbow datar. 

  1. Tee Stuck

Jenis sambungan pipa PVC yang kedua ialah Tee Stuck. Jenis sambungan ini memiliki bentuk yang mirip dengan huruf T yang mana memiliki fungsi untuk mengakirkan air ke dua arah. Jadi, jika kamu ingin mengalirkan air tapi tempat instalasinya ada belokan, kamu bisa menggunakan jenis sambungan Tee Stuck.  Selain ada huruf T, sambungan Tee Stuck juga memiliki bentuk yang mirip dengan huruf Y. 

  1. Cross

Jenis sambungan pipa PVC yang ketiga ialah Cross. Jenis sambungan ini memiliki fungsi untuk membagi aliran air menjadi tiga arah yang berbeda. Dengan menggunakan jenis sambungan cross ini, aliran air bisa tetap stabil. 

Jadi, untuk aliran tiga arah ini masih bisa tetap mendapatkan pasokan yang sama rata, mulai dari aliran yang kanan, kiri dan juga kanan. 

  1. Reducer

Jenis sambungan pipa PVC yang keempat ialah Reducer. Jenis sambungan ini memiliki fungsi untuk menyambungkan pipa yang mempunyai diameter yang tidak sama. Untuk jenis pipa sambungan reducer ini memiliki dua jenis. Adapun jenisnya yaitu reducer elbow dan reducer socket. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *