Menikmati Sisi lain Pandaan dari D’Gunungan

Tempat baru di di daerah Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, ini wajib masuk daftar Sobat Pesona jika kebetulan sedang berpergian ke Surabaya-Malang dan sekitarnya.

Dibandingkan dengan Surabaya dan Malang, Pandaan mungkin terdengar kurang terkenal. Kecamatan di daerah Pasuruan ini memang jelas kalah pamor dibandingkan dengan dua ikon Jawa Timur lainnya. Surabaya punya berbagai atraksi sementara Malang kaya akan tempat wisata keluarga.

Namun sesungguhnya Pandaan bukan tidak bisa dinikmati sebagai sasaran para pelancong lokal. Di sini banyak juga atraksi yang bisa dinikmati.  Di sekitar Pandaan sendiri terdapat beberapa objek wisata seperti Taman Safari Indonesia 2 di daerah Prigen, Tretes, yang dingin, Mesjid Muhammad Cheng Hoo, Candi Belahan dan an lainnya. Semua tempat ini bisa dinikmati jika Sobat Pesona kebetulan berada di sekitar Pandaan.

Di Pandaan ada juga tempat wisata bernama Taman Dayu. Taman Dayu awalnya adalah kawasan hunian dan resort golf yang dilengkapi dengan fasilitas Waterpark, Boutique Hotel, Camping Ground dan Outbound. Seiring waktu, kawasan Taman Dayu telah dikembangkan menjadi kota mandiri yang juga dilengkapi dengan pusat bisnis dan perdagangan yang dikenal sebagai Pandaan Central Business District (CBD). Di dalam area Pandaan CBD ini didirikan gedung pertokoan, pusat jajanan kuliner (Food Terrace dan Food Veranda) dan Public Area yang berisi berbagai hiburan keluarga.

Sebagai wilayah yang dibangun pengembang, Taman Dayu memang punya konsep yang jelas. Akses yang tertata rapi, pohon-pohon rindang, dan pusat kuliner kekinian membuat tempat ini jelas dibuat untuk kaum urban modern. Jalanan menanjak ditemani pohon rindang plus aspal yang rapi seakan menggoda penggiat sepeda untuk mengukur aspal dengan segera. Kontur berbukit ini juga yang membuat lokasi Taman Dayu menjadi seru untuk jadi tempat hang out. Makin sempurna karena bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Salah satu tempat wajib yang juga jadi incaran di Taman Dayu adalah D’Gunungan. Resto yang terletak di puncak Perbukitan Sagamore ini baru dua tahun beroperasi. Meski begitu, tempat nongkrong ini menawarkan pemandangan menakjubkan karena berada di ketinggian.

Suasana sejuk khas pegunungan, jelas terasa dari masuk tempat parkir. Tak cuma itu, Sobat Pesona  juga bakal dimanjakan dengan panorama pegunungan eksotis seperti Gunung Penanggungan, Welirang dan juga Arjuna. Makin malam, panorama tempat nongkrong ini makin menakjubkan. Gemerlap lampu menjadi hal lain yang bakal memanjakan mata.

Begitu masuk, kita akan disambut sebuah kolam renang besar di depan sebuah tempat makan dengan kosep open kitchen. Jujur saja kita akan mengingat resto-resto di Bali yang menawarkan suasana pantai. Bedanya di depan kolam renang adalah pemandangan city view yang keren. Area outdoor-nya juga juga keren, cocok untuk pengunjung yang membawa anak-anak. Taman-taman sekitar D’Gunungan dibuat seperti area piknik taman lengkap dengan bantal-bantal untuk bersantai.

Buat Sobat Pesona yang senang berbagi di media sosial, tempat ini bakal menawarkan bahan yang banyak untuk dieksplor dan dijadikan konten. Lokasi-loaksi yang instagenic bertebaran di sini. Jadi tunggu apalagi? Segera masukkan D’Gunungan di Taman Dayu sebagai sebagai target destinasi saat ke Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *