Minuman Khas Bengkulu Dingin dan Hangat

Bengkulu yang terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia ini mempunyai banyak kuliner yang asyik dan tidak kalah menarik dengan daerah lain. Bukan hanya makanan saja, minuman juga ada. Bahkan, minuman ini sangat khas dan hanya dihidangkan di Bengkulu, loh!

1 . Sirup Kalamansi

Jeruk kalamansi adalah suatu tumbuhan yang banyak ditanam di daerah Bengkulu. Buahnya kecil-kecil mirip jeruk kunci. Jeruk kalamansi biasanya diolah menjadi sirup oleh industri kecil dan menengah lalu dijual di toko oleh-oleh Bengkulu.

Pada acara resmi yang diadakan oleh Pemda Bengkulu, sirup kalamansi biasanya dihidangkan untuk tamu undangan. Untuk menciptakan sirup kalamansi yang manis dan sehat, sari jeruk kalamansi dicampur dengan gula pasir lalu dimasak sampai kental.

Sirup kalamansi produksi pengrajin Bengkulu dibuat secara alami, tanpa pewarna atau bahan pengawet. Kemasannya pun didesain secara menarik. Ada yang dibungkus dalam botol yang bisa langsung diminum, ada pula yang dibungkus dalam bentuk sirup asli. Sebelum disajikan, sirup ini harus dicampur dengan air putih dan es.

Jadi ini tergolong ke dalam minuman berjenis dingin dari Bengkulu yang harus kamu coba. Rasanya segar, loh! Dijamin hausmu akan pergi

2.Kopi Bengkulu

Kamu yang mengaku pecinta atau penikmat kopi harus coba kopi Bengkulu ini. Seperti kopi pada umumnya, jenis minuman ini tergolong dalam minuman hangat khas Bengkulu. Kopi Bengkulu adalah termasuk jenis kopi terbaik di Indonesia. Rasanya sedap dan nikmat.

Kamu bisa memperoleh kopi bubuk yang telah dikemas di pasar ataupun di toko oleh-oleh. Ada sejumlah merek kopi bubuk kemasan yang dijual seperti, kopi Saudara A, kopi 1001, kopi Dua Putri, kopi Gading Cempaka dan lainnya. Bagi kamu yang ingin menyantap langsung kopi Bengkulu, kamu dapat mampir ke kedai kopi yang lumayan banyak tersebar di Kota Bengkulu.

Beberapa kedai kopi yang ada di Bengkulu seperti, Neron Coffee di objek wisata Danau Dendam Tak Sudah, Konakito yang berada di dekat Benteng Marlborough, Papuk Mamuk, dst. Kamu tinggal pilih, mana tempat serta suasana yang kamu sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *