Pengusaha Punya Peran Penting untuk Dorong Ketahanan Energi

Untuk terus mendorong ketahanan energi di Indonesia, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (Hipmi Jaya) menggelar Jakarta Energy Forum (JEF) 2020. Acara tersebut bertujuan sebagai bentuk reinisiasi dalam mengembangkan kolaborasi berkelanjutan dengan pemerintah, korporasi, institusi keuangan, komunitas dan institusi Pendidikan.

Ketua Umum HIPMI Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla mengatakan pengusaha berperan penting dalam meningkatkan kedaulatan energi yang ramah lingkungan dalam menekan impor.

“Pengusaha punya peran penting dalam meningkatkan ketahanan energi. Pembahasan pada sektor energi meliputi berbagai aspek, yang pada prinsipnya akan bermuara pada satu,” ujar Afifuddin Suhaeli Kalla di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dia pun melanjutkan, tahun 2020 merupakan kelanjutan dari era revolusi teknologi dan disrupsi yang memungkinan para pengusaha muda meningkatkan kolaborasi dan sinergi, khususnya berkaitan dengan inovasi, teknologi, investasi, dan pengembangan model bisnis guna meningkatkan ketahanan energi serta membangun sektor usaha nasional.

“Dengan hadirnya pengusaha, kita bisa melihat apa saja insentif yang diberikan pemerintah dalam menggairahkan industri energi,” jelasnya.

Dia menambahkan, peluang kolaborasi berkelanjutan antar pihak dalam hal pengembangan teknologi, inovasi usaha dan model bisnis, investasi, termasuk peran aktif pengusaha muda menawarkan solusi guna menjawab berbagai tantangan dan peluang usaha di sektor energi.

“Selain itu, pada penutupan acara, HIPMI Jaya juga akan memberikan rekomendasi dari anggota HIPMI Jaya untuk pemangku kepentingan dan pemerintah di bidang energi,” jelasnya.

Terkait agenda ini, HIPMI Jaya mengaku telah melakukan audiensi dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif. Menurut dia, Kementerian ESDM sepenuhnya mendukung usaha pemuda khususnya untuk bersinergi dalam menumbuhkan sektor energi Indonesia yang dibangun oleh semangat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Rencananya, JEF 2020 sendiri akan dibuka oleh keynote speech dari Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Acara yang bertema “The Future of Energy”, forum ini akan meliput keynote speech dari Menteri ESDM, Kepala BKPM, dan Wakil Menteri BUMN, serta empat sesi panel kolaboratif yang akan diselenggarakan di The Tribrata Darmawangsa pada 2 Maret 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *