Sejarah Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

Sepak bola bukanlah permainan yang baru saja muncul, melainkan sudah dimainkan sejak berabad-abad lalu dan sudah mempunyai sejarah panjang. Bentuk yang sama dengan saat ini atau sepak bola modern muncul pertama kali di Inggris.

Memang, bagaimana perjalanan sejarah sepak bola, baik itu di dunia maupun Indonesia? Jika Anda penasaran, mari simak pembahasan berikut dengan seksama!

Sejarah Permainan Sepak Bola Dunia

Sejarah mengatakan bahwa terdapat permainan yang menggunakan bola dari batu dalam budaya Mesoamerika kuno sejak lebih dari 3.000 tahun lalu. Permainan itu dilakukan oleh suku Aztec dan disebut sebagai Tchatali. 

Permainan bola pertama yang diketahui juga berlangsung di Tiongkok pada abad ke-3 dan ke-2 SM bernama Cuju. Permainan cuju dimainkan dengan bola berasal dari kulit yang dijahit dengan bulu atau berisi bulu di atas bidang persegi. 

Bentuk modifikasi dari permainan ini kemudian menyebar ke Jepang dan disebut dengan nama Kemari yang dimainkan dalam bentuk seremonial. 

Permainan Cuju lebih tua adalah Marn Gook yang dimainkan oleh orang Aborigin Australia pada tahun 1800-an. 

Roma Kuno menjadikan permainan bola tidak termasuk dalam hiburan di arena besar (amphitheatre), tetapi dalam latihan militer dengan nama Harpastum. Itu adalah budaya Romawi yang membawa permainan sepak bola ke Inggris. 

Pada abad ke-12, permainan yang menyerupai sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalanan di Inggris. Selain tendangan, permainan ini juga melibatkan pukulan dengan kepalan tangan. 

Olahraga ini pada awalnya merupakan hiburan bagi kelas pekerja dan dikembangkan oleh orang-orang Inggris yang melakukan perjalanan ke belahan dunia lain, termasuk Amerika Selatan dan India.

Sejarah Adanya Olahraga Sepak Bola Indonesia

Perlu Anda pahami bahwa sejarah sepak bola Indonesia dimulai pada masa penjajahan Hindia Belanda atau lebih tepatnya pada tahun 1914 silam. 

Pada awal perkembangannya, permainan ini hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda di lingkungannya terutama pada kota-kota besar.

Namun, seiring berjalan waktu sepak bola tidak hanya dimainkan oleh orang Belanda saja, tetapi juga siswa-siswa asal Indonesia di kota besar. 

Selanjutnya, olahraga ini menyebar dengan sangat pesat hingga di berbagai daerah Nusantara dan organisasi sepak bola yang pertama kali berdiri adalah Nederland Indische Voetbal Bond (NIVB). 

Pada tahun 1920 hingga 1930, berdiri organisasi sepak bola yang dibuat oleh orang Indonesia, mulai dari Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) atau Persis Solo dan Bandoengsche Indonesische Voetbalbond (BIVB) atau Persib Bandung.

Jika Anda adalah penggemar kedua klub tertua di Indonesia ini, tidak ada salahnya untuk buat jersey printing sebagai salah satu bentuk suporter setia.

Kembali lagi ke sejarah, pembentukan Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia atau PSSI menjadi awal sejarah sepak bola Indonesia yang dibentuk pada 19 April 1930 di Yogyakarta. 

Kompetisi sepak bola oleh PSSI terlaksana pada pada tahun 1931 dengan nama Studenwerk I berisi tujuh klub bumiputera. Kemudian, kompetisi pertama diselenggarakan di alun-alun Keraton Solo dan PSSI akhirnya membuat kompetisi rutin setiap tahun di berbagai kota besar di Indonesia. 

Namun, penyelenggaraan kompetisi seringkali terhalang karena sejumlah aktivitas militer, seperti pembatasan wilayah dari Jepang sampai Agresi Militer Belanda pasca kemerdekaan.

Setelah kemerdekaan, PSSI secara resmi mengadakan kompetisi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan beberapa kali telah berubah nama menjadi Divisi Utama Perserikatan, Galatama, Liga Indonesia, sampai Liga 1.

Sepak bola menjadi salah satu permainan yang sangat digemari di Indonesia. Tingginya antusiasme penonton menjadikan sepak bola tidak hanya sekadar olahraga atau permainan, tetapi identitas dan kebanggaan bangsa Indonesia.

Jika Anda adalah penggemar cabang olah raga ini atau memang melakukannya bersama kawan, pertimbangkan untuk membuat jersey futsal printing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *