Ternyata Makan Belut Banyak Manfaatnya

Selain dijadikan bahan perlombaan saat 17 Agustus, belut atau yang kadang disebut lindung ini ternyata enak loh kalau dikonsumsi. Teksturnya hampir sama seperti ikan lele. Memiliki daging yang lembut, kulit yang tipis dan jika digoreng bisa sangat gurih.

Di Surabaya, ada 2 warung makan belut yang legendaris yakni Spesial Belut Surabaya H. Poer dan Spesial Belut Fresh. Tipikal menu andalan mereka hampir sama yakni belut goreng dengan sambal ulek yang disajikan di cobek. Rasa hidangan mereka sama-sama lezat namun citarasanya memiliki khas masing-masing. Selain rasanya yang nikmat, belut ternyata memiliki banyak manfaat. Jadi, selain dapat kelezatannya, kita juga dapat gizi baiknya. Apa saja ya?

  1. Fosfor

Jika kalian menginginkan tulang yang kokoh dan kuat, serta untuk menghindari atau meminimalisir dari terjadinya pengeroposan pada tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis, maka layak untuk manfaat daging belut ini. Hal tersebut sama seperti manfaat susu, yoghurt atau manfaat udang.

  1. Zat Besi

Manfaat zat besi bagi tubuh manusia berfungsi untuk mencegah anemia. Zat besi yang kurang akan memengaruhi pembentukan hemoglobin pada sel darah sehingga kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh terganggu, sangat baik untuk mengonsumsi belut ini.

  1. Kalori

Kalori yang terkandung dalam belut juga sangat tinggi, kalori yang tinggi membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga harus berhati-hati jika menyandingkan masakan belut dengan manfaat nasi putih yang memiliki banyak karbohidrat.

  1. Kaya Vitamin

Belut juga bagus untuk kesehatan mata, perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu membentuk protein, hormon serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak. Sehingga dapat menurunkan risiko terkena pembekuan darah pada otak, yang merupakan manfaat vitamin B pada belut. Selain itu, manfaat vitamin A mencapai 1600 SI pada belut, yang berguna bagi pertumbuhan, kesehatan mata dan juga sistem reproduksi.

  1. Arginin

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan yang paling ditakuti, termasuk kanker payudara. Penyakit ini begitu ditakuti oleh kebanyakan wanita. Arginin yang terkandung di dalam belut memiliki fungsi yang penting yaitu melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara.

Dan bagi kita yang sangat sayang akan kesehatan jantung, maka sebaiknya mengonsumsi belut. Karena dengan mengonsumsi belut dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan juga penyempitan pembuluh darah.

Sekarang kalian sudah tau kan manfaat dari belut. Kalau kalian ingin mencoba belut, tidak perlu khawatir karena banyak sajian belut yang enak dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *