Yuk Simak Perbedaan Ragam Soto Nusantara!

Wakulovers pada tahu kan kalau Indonesia punya banyak banget jenis kuliner. Bahkan, satu jenis kuliner saja bisa sangat berbeda di masing-masing daerah. Kali ini kita akan membahas kuliner soto. Yap, soto memang kerap kita temui di manapun. Setiap daerah, memiliki cita rasa soto yang berbeda-beda. Yuk simak perbedaan soto dari 5 daerah berikut ini:

  1. Soto banjar

Soto banjar umunya disajikan dengan ketupat, irisan ayam, kentang rebus, irisan telur bebek, dan makin nikmat jika diberi perasan jeruk nipis. Kuahnya berwarna kuning pucat, biasanya menggunakan susu untuk menciptakan rasa yang gurih. Beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

  1. Soto kudus

Soto Kudus jarang menggunakan daging sapi karena penghormatan muslim Kudus terhadap agama Hindu, yang mana sapi adalah hewan yang mereka anggap suci. Jadi, kerap menggunakan daging kerbau. Biasanya disajikan di mangkuk kecil, diberi perasan jeruk nipis dan dimakan dengan menu tambahan seperti sate jerohan, sate telur puyuh, perkedel, hingga tahu tempe.

  1. Soto Betawi

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Soto Betawi biasanya berisi jeroan. Selain jeroan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi. Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat rasa soto Betawi begitu khas.

  1. Soto madura

Soto madura memiliki cita rasa yang khas dan sangat terasa. Kuahnya terdiri dari bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya. Biasanya ada daging sapi, jerohan sapi dan telur rebus. Yang khas adalah daging yang dipilih adalah daging berlemak sehingga kuah soto madura menjadi sangat gurih.

  1. Soto lamongan

Soto lamongan adalah soto ayam dengan kuah berwarna kuning. Rasanya gurih sekali dan kerap ditambah koya yang terbuat dari kerupuk udang yang dihancurkan bersama bawang putih. Gurihnya kuah soto lamongan ada rahasianya, lho. Pakai ikan bandeng yang dihancurkan. Nah bisa membayangkan betapa gurihnya soto lamongan, kan? Irisan ayamnya banyak dan ada irisan daun bawang yang sudah layu menjadikannya semakin gurih.

Nah, sudah paham kan perbedaan masing-masing soto tersebut? Yang jelas, meski rasanya berbeda-beda, mereka akan tetap sukses menggoyang lidah kita karena kelezatannya. Kalau Wakulovers ingin menghadirkan beragam soto di acara kalian, bisa banget lho pesan prasmanan atau gubug soto di Wakuliner. Tersedia banyak menu soto yang bisa kamu pilih sesuai selera. Selamat memesan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *